Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Siti
● online
Siti
● online
Halo, perkenalkan saya Siti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Beranda » Blog » Cara Mencari Uang Tambahan di Rumah: Ikhtiar yang Ringan dan Menyenangkan

Cara Mencari Uang Tambahan di Rumah: Ikhtiar yang Ringan dan Menyenangkan

Diposting pada 27 Mei 2023 oleh Admin / Dilihat: 280 kali / Kategori:

Bismillah, dalam tulisan ini saya ingin berbagi cerita tentang cara mencari uang tambahan di rumah. Sebagai seorang pekerja di bidang SEO yang mengelola website, saya ingin membahas bagaimana saya berhasil menambah penghasilan dengan cara yang ringan dan menyenangkan. Tentang SEO akan kita bahas di artikel yang lain ya.

Pertama-tama, perlu kita ingat bahwa ikhtiar dan usaha tidak selalu berarti mendapatkan uang dalam jumlah besar secara instan. Kadang-kadang, mendapatkan tambahan Rp. 20.000 dalam sehari sudah merupakan hasil yang memadai untuk membantu memenuhi kebutuhan tanpa harus mengurangi uang gaji kita. Melakukan hal ini dengan senang hati adalah kuncinya. Penting untuk mempertimbangkan bahwa pekerjaan tersebut tidak memakan banyak waktu sehingga kita masih bisa melakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

Cara Mencari Uang Tambahan di Rumah

1. Produksi dan Jualan Es

Salah satu cara yang saya lakukan untuk mendapatkan uang tambahan hanya dari rumah adalah dengan menjual es. Saya memproduksi es dengan mempekerjakan orang lain. Saya memilih mempekerjakan orang lain karena memiliki kesibukan lain seperti olahraga sebagai ikhtiar sehat dan kegiatan lainnya yang saya anggap penting untuk hidup saya.

Meskipun keuntungan yang saya dapatkan lebih kecil dibandingkan jika saya mengerjakannya sendiri, saya tetap merasa puas dengan hasilnya. Saya menjual es ini seharga 5.000 rupiah dan menitipkannya kepada penjual di sekitar area sekolah dekat rumah. Dengan cara ini, saya tidak perlu menjual sendiri, tetapi cukup menitipkan pada mereka dan memberikan keuntungan sekitar 1.000 rupiah per botol. Jika berhasil menjual 30 botol dalam sehari, maka saya bisa mendapatkan penghasilan sebesar 30.000 rupiah tanpa lelah, karena semuanya dikerjakan oleh orang lain. Jumlah 30 botol ini pun tidak memberatkan, terutama jika kita menitipkan es pada 3 penjual di sekolah sekitar kita. Kenapa kita titipkan di penjual yang ada di sekolah? Karena pasarnya adalah anak-anak SD yang mungkin saat ini uang 5.000 itu sesuatu yang kecil buat mereka.

Jangan malu atau ragu untuk membuat sesuatu dan bekerja sama dengan orang-orang di sekitar kita. Jika kita mencoba mengerjakan semuanya sendiri, hal itu akan memakan waktu banyak dan kita tidak dapat melakukan penjualan dalam jumlah besar secara bersamaan.

2. Membuka kursus

Cara Mencari Uang Tambahan di Rumah Ikhtiar yang Ringan dan Menyenangkan

Anak-anak kursus komputer di rumah Pak Dedi Purnomo.

Selanjutnya, membuka kursus adalah cara lain untuk mendapatkan uang tambahan di rumah. Jika kita memiliki keahlian tertentu seperti membangun dan mengelola website atau mengetik cepat, kita dapat berbagi pengetahuan tersebut kepada orang lain. Alhamdulillah saya punya keahlian dalam membuat dan mengelola website serta mengetik cepat, jadi saya memutuskan untuk membagikan keahlian tersebut kepada orang-orang di sekitar.

Kursus les komputer saya ditujukan untuk anak-anak yang ingin belajar IT. Awalnya, hanya ada 5 anak perempuan yang datang ke rumah karena mereka masih duduk di kelas 3, 4, dan 5 SD. Saya mengajarkan mereka mengetik cepat dengan 10 jari.

Meskipun keahlian mengetik adalah sesuatu yang sederhana, tapi ternyata kursus ini diminati dan Allah mudahkan untuk dijual seharga 150.000 rupiah dengan 4 kali pertemuan. Mereka datang ke rumah setiap Ahad, waktu belajar jam 08.00 sampai 09.30.

Selanjutnya, ketika mereka sudah mahir mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard, saya meningkatkan tingkat kesulitan dengan mengajarkan mereka cara membuat blog untuk menyimpan tulisan. Harga kursus ini naik lagi, dan kita bisa berkolaborasi dengan guru-guru Sekolah Dasar di sekitar. Jika mereka memiliki murid yang tertarik untuk mengikuti kursus ini, kita dapat memberikan komisi kepada guru tersebut, misalnya 30.000 rupiah per anak yang mendaftar. Dengan demikian, kursus yang kita buka dapat dipromosikan kepada murid-murid mereka. Dari sini, jika kita berhasil mendapatkan 10 anak saja dengan biaya 150.000 rupiah, kita sudah mendapatkan tambahan penghasilan sebesar 1.500.000 rupiah per bulan hanya dari rumah.

Tips: Buat kamu yang ingin membuka kursus, langkah pertama adalah mempelajari suatu keahlian tertentu. Misalnya keahlian memasak, membuat kue, membuat pizza, atau menjahit, dan kemudian berusaha untuk menjual produk atau jasa tersebut. Setelah itu, buka kelas bagi siapa saja yang ingin belajar kursus tersebut.

Awalnya saya berpikir, “Apakah ada orang yang mau ikut kelas mengetik?” Jawaban dari pertanyaan ini hanya bisa kita dapatkan jika kita mencobanya. Ternyata, dengan izin Allah, saya mendapatkan rezeki dari ikhtiar tersebut, menghasilkan satu juta rupiah per bulan hanya dari rumah.

3. Menjadi reseller skincare

Selanjutnya, menjadi reseller skincare adalah opsi lain untuk mendapatkan uang tambahan di rumah. Ide ini muncul ketika saya melihat daftar kontak istri yang mayoritas terdiri dari wanita muda dan ibu-ibu yang memiliki satu anak. Dari data ini, saya menyimpulkan bahwa kemungkinan besar mereka membutuhkan produk skincare atau perawatan kulit. Maka dari itu, saya mulai mencari produk skincare yang bisa saya jual kembali. Alhamdulillah, saya menemukan satu produk skincare yang bisa saya jual hanya dengan menggunakan HP saya. Saya tidak mengatakan bahwa ini dilakukan tanpa modal karena HP, kuota internet, semangat kamu, itu semua juga merupakan modal yang sangat penting. Jadi, teman-teman yang membaca ini harus ingat bahwa modal masih diperlukan, terutama modal semangat.

Hal ini sangat memungkinkan untuk dilakukan di rumah karena pekerjaan kita hanya sebatas membagikan materi iklan berupa foto atau video pendek yang sudah disiapkan oleh perusahaan skincare. Kita bisa membagikan materi tersebut melalui media sosial, WhatsApp, dan sebagainya. Jika memiliki modal tambahan, kita dapat membuat blog bukan sebagai tempat menjual saja, tetapi juga sebagai tempat untuk berbagi pengetahuan yang mendatangkan pengunjung. Dengan strategi ini, kita dapat mengajak pengunjung menjadi mitra usaha seperti yang saya lakukan saat ini.

Melalui usaha menjadi reseller skincare, saya bersyukur telah mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan bahkan dapat menabung, hanya dengan bekerja dari rumah menggunakan HP dan kuota internet.

Bagi temen-teman yang ingin bergabung menjadi reseller skincare bisa lihat: Cara mendaftar menjadi reseller skincare

Kunci utama dari ikhtiar ini adalah menjalin hubungan baik, memperbaiki hubungan yang sudah ada, dan memperluas jaringan dengan teman-teman dan komunitas di sekitar kita. Kita perlu menyadari bahwa komunitas-komunitas tersebut merupakan pangsa pasar potensial yang membutuhkan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Tidak perlu langsung menawarkan produk secara langsung, yang terpenting adalah memastikan bahwa mereka mengetahui apa yang kita jual. Dengan memperbaiki hubungan kita dengan mereka, tanpa kita menyebutkan secara langsung bahwa kita menjual produk skincare, mereka akan secara otomatis tahu kemana mereka harus mencari skincare jika membutuhkannya. Selain itu, jangan lupa memberikan manfaat kepada mereka, tidak hanya dengan harta, tetapi juga dengan berbagi pengetahuan seperti yang saya lakukan sekarang ini.

Semoga artikel singkat ini dapat memotivasi teman-teman untuk berikhtiar sebaik-baiknya menjemput rezeki yang telah Allah berikan. Ingatlah bahwa mencari uang tambahan di rumah bukanlah hal yang mustahil. Dengan niat yang baik, kerja keras, dan kerjasama dengan orang-orang di sekitar kita, kita bisa meraih keberhasilan dan tambahan penghasilan yang berarti. Teruslah berikhtiar dan percayalah bahwa rezeki tidak akan pernah tertukar. Semoga Allah memberikan kelancaran dan kesuksesan dalam setiap usaha yang kita lakukan. Aamiin.

Ikhtiar tidak selalu berarti mendapatkan uang dalam jumlah besar. Kadang-kadang, mendapatkan tambahan Rp. 20.000 per hari sudah merupakan hasil yang memadai untuk membantu memenuhi kebutuhan tanpa harus mengurangi uang gaji kita.

Dedi Purnomo
Founder ikhtiar.net

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Cara Mencari Uang Tambahan di Rumah: Ikhtiar yang Ringan dan Menyenangkan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Mencari Uang Tambahan di Rumah: Ikhtiar yang Ringan dan Menyenangkan

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: