Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Siti
● online
Siti
● online
Halo, perkenalkan saya Siti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Beranda » Blog » Memulai Fitness Bagi Usia Lanjut

Memulai Fitness Bagi Usia Lanjut

Diposting pada 16 Juni 2024 oleh Admin / Dilihat: 73 kali / Kategori:

Memulai Fitness Bagi Usia Lanjut
Oleh: Dedi Purnomo (IG: latihanbeban)

Selamat datang di ikhtiar.net! Kali ini saya akan membahas tentang tantangan yang dihadapi oleh para lansia untuk memulai fitness dan tentunya bagaimana solusinya. Usia lanjut sering kali dianggap sebagai penghalang untuk berolahraga, tetapi sebenarnya, inilah saat yang paling penting untuk memulai.

Berikut ini beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh para lansia dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Keterbatasan Gerak

Seiring bertambahnya usia, otot dan sendi cenderung menjadi lebih kaku, mengurangi daya gerak. Namun, keterbatasan ini tidak seharusnya menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Justru, inilah motivasi untuk memulai fitness.

Jika kita tidak melakukan tindakan untuk mengatasi kondisi ini, maka kondisi ini hanya akan memburuk. Beranikan diri untuk bergerak dan berusaha. Selama kita masih mampu dan mau mencoba, kita masih memiliki harapan untuk memperbaiki kondisi tubuh kita.

2. Masalah Medis

Banyak lansia memiliki masalah medis seperti pemasangan ring jantung atau diabetes yang sudah lama. Jangan biarkan hal ini menghentikan Anda. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa latihan beban sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi medis seperti ini.

Latihan beban tidak hanya membantu membakar gula dan memperkuat jantung, tetapi juga memiliki dampak yang rendah pada persendian, sehingga aman dan nyaman dilakukan.

3. Teknik Latihan yang Tepat

Kunci utama dalam memulai fitness bagi lansia adalah melakukan gerakan dengan lambat, seimbang, dan halus. Jika ada rasa sakit saat melakukan gerakan tertentu, itu mungkin berarti gerakan perlu dimodifikasi. Jangan langsung menyerah jika merasa sakit, karena bisa jadi tubuh Anda yang belum siap. Cari cara untuk memodifikasi gerakan sehingga Anda bisa melakukannya dengan nyaman.

Lakukan dengan beban yang paling ringan, jika nyaman diangkat 12 kali, beban aman untuk ditambah. Ini kuncinya.

Lihat: Olahraga Dedi Purnomo dan ibu

4. Pola Makan yang Sesuai

Pola makan juga merupakan aspek penting dalam memulai fitness. Bagi lansia yang mungkin mengalami kesulitan mengunyah karena gigi yang sudah tanggal, solusi terbaik adalah memasak makanan yang lebih lembut atau mengkonsumsi suplemen cair. Pastikan Anda tetap mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

5. Manfaat Jangka Panjang

Mengapa usaha ini sangat berharga? Karena ini menyangkut kesehatan dan nasib kita di usia lanjut. Dengan berolahraga dan menjaga pola makan yang baik, kita bisa hidup lebih mandiri, penuh harapan, dan tidak merepotkan anak cucu kita. Keputusan ada di tangan kita semua.

Kesimpulan

Jangan biarkan tantangan menghalangi Anda untuk memulai fitness. Sebaliknya, biarkan tantangan ini menjadi motivasi untuk hidup lebih sehat. Semoga tips ini memberikan pencerahan dan harapan bagi Anda semua. Teruslah bergerak, berusaha, dan berjuang demi kesehatan yang lebih baik.

Terima kasih telah membaca, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan berikutnya di ikhtiar.net!

Tags: , ,

Bagikan ke

Memulai Fitness Bagi Usia Lanjut

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Memulai Fitness Bagi Usia Lanjut

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: