Beranda » Blog » Alat Gym Rumahan: Pengalaman dan Alat Latihan Dedi Purnomo

Alat Gym Rumahan: Pengalaman dan Alat Latihan Dedi Purnomo

Diposting pada 17 November 2023 oleh Admin / Dilihat: 806 kali / Kategori:

Alat Gym Rumahan: Pengalaman dan Alat Latihan Dedi Purnomo

Bismillah..

Halo, pembaca setia ikhtiar.net! Saya, Dedi Purnomo, pendiri situs ini, ingin berbagi pengalaman dan tips seputar alat-alat latihan yang pernah saya gunakan di rumah sebelum latihan di gym. Mengapa hal ini penting? Karena kesehatan kita adalah investasi terbaik yang bisa kita lakukan.

4 Alat Gym Rumahan

1. Adjustable Dumbbell: Menyesuaikan Beban dengan Kebutuhan Otot

Alat pertama yang saya beli adalah dumbbell bekas dengan harga terjangkau, hanya 600.000 rupiah (dicicil 3 kali). Dumbbell ini memenuhi kebutuhan latihan saya selama sekitar 2 tahun sebelum akhirnya saya merasa perlu tambahan alat untuk melatih otot-otot lainnya.

Penting untuk memilih dumbbell yang dapat disetel atau yang dikenal sebagai adjustable dumbbell. Fitur ini memungkinkan kita menyesuaikan berat beban, sesuai dengan kebutuhan otot yang berbeda. Misalnya, latihan untuk otot punggung memerlukan beban yang berbeda dengan latihan untuk otot bicep.

adjustable dumbbell alat latihan di rumah dedi

Adjustable dumbbell memungkinkan kita untuk secara fleksibel menentukan beban yang sesuai dengan masing-masing otot, mulai dari dada, bicep, tricep, hingga kaki. Jadi, satu alat ini dapat menggantikan sejumlah alat latihan dengan harga yang terjangkau, sekitar 600.000 rupiah.

Alternatif adjustable dumbbell

Bagi teman-teman yang mungkin belum bisa mengalokasikan dana untuk membeli dumbbell, alternatifnya bisa menggunakan tali dan galon yang diisi air. Pilihan galon di sini dilakukan agar tingkat air bisa disetel sebagaimana halnya adjustable dumbbell. Saya sendiri pernah mencoba metode ini sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi dalam beban yang lebih berat.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Latihan Beban (@latihanbeban)

2. Katrol dan tali bekas: Melatih Back dan Tricep dengan Efektif

Alat selanjutnya yang saya tambahkan dalam peralatan latihan saya adalah katrol.  Dengan harga sekitar Rp50.000,- saya bisa melatih otot punggung dan tricep secara efektif. Cara penggunaannya dapat dilihat dalam video di bawah ini:

Latihan tricep dengan katrol:

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Latihan Beban (@latihanbeban)

Latihan back dengan katrol:

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Latihan Beban (@latihanbeban)

Untuk latihan tambahan, saya memanfaatkan tambang bekas hewan kurban. Tali ini bisa saya gunakan untuk berbagai latihan di rumah, menunjukkan bahwa sumber daya yang kreatif dapat memberikan hasil luar biasa.

Dengan menggunakan tiga alat sederhana ini, kita dapat melakukan latihan di rumah secara optimal. Jika suatu saat kita merasa alat-alat ini sudah tidak mencukupi untuk melatih otot-otot yang semakin kuat, kita selalu bisa melakukan upgrade dengan membeli alat-lat yang lebih canggih.

Bagi para pemula, alat-alat ini dapat digunakan dengan baik selama kurang lebih 2 tahun sebelum otot-otot membutuhkan beban yang lebih berat.

3. Bench Press dan Pull Down untuk Latihan yang Lebih Variatif

Setelah merasakan manfaat latihan di rumah dengan peralatan sederhana, langkah selanjutnya yang saya ambil adalah membeli bench press sederhana dan sekaligus alat pull down. Dengan harga yang tetap terjangkau, alat-alat ini mampu memberikan pengalaman latihan yang lebih variatif dan intens di kenyamanan rumah sendiri.

Alat bench press sederhana yang saya pilih memungkinkan untuk melibatkan berbagai otot tubuh, terutama fokus pada latihan untuk dada. Penggunaannya yang mudah membuat saya bisa dengan nyaman melibatkan berbagai gerakan yang diperlukan untuk melatih otot-otot besar di bagian atas tubuh. Alat ini memberikan kenyamanan saat melatih otot dada, dan tentunya, memberikan kesempatan untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, dengan kehadiran alat pull down, latihan untuk otot punggung menjadi semakin nyaman dalam rutinitas latihan saya. Pull down merupakan latihan yang efektif untuk memperkuat otot punggung dan bahu, memberikan dimensi tambahan pada program latihan saya di rumah.

Alat bench press dan pull down ini setia menemani latihan saya di rumah selama kurang lebih 1 tahun. Saya merasa sangat puas dengan hasilnya, terutama dalam meningkatkan kekutan otot. Alat ini telah membantu saya melatih hampir seluruh bagian tubuh, dari dada, tricep, bicep, hingga perut.

Untuk latihan perut:

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Latihan Beban (@latihanbeban)

Namun, seperti halnya semua peralatan, alat ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengatur beban. Berbeda dengan gym di mana kita dapat dengan mudah memilih beban sesuai dengan kebutuhan, alat di rumah ini memerlukan penyesuaian manual yang mungkin sedikit memakan waktu. Meskipun begitu, dengan keinginan dan kreativitas, hal ini masih dapat diatasi tanpa mengurangi manfaat dari latihan yang dilakukan.

4. Adjustable Height Pull Up Station

Salah satu penambahan signifikan dalam peralatan latihan saya adalah Adjustable Height Pull Up Station. Ini saya beli dengan harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar 500 ribu rupiah dalam kondisi bekas. Keberadaan alat ini memungkinkan kita untuk latihan pull up dan dips.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Latihan Beban (@latihanbeban)

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Latihan Beban (@latihanbeban)


Yang membuat Adjustable Height Pull Up Station ini menarik adalah bisa disesuaikan dengan tinggi yang diinginkan. Fitur ini sangat penting karena setiap orang memiliki tinggi tubuh yang berbeda. Dengan adanya kemampuan untuk mengatur ketinggian, alat ini memberikan fleksibilitas dalam melibatkan berbagai otot tubuh, termasuk lengan, bahu, punggung, dan dada.

Meskipun dibeli dalam kondisi bekas, Adjustable Height Pull Up Station telah membuktikan nilai investasinya. Harganya yang terjangkau tidak mencerminkan kualitas dan fungsionalitas yang diberikannya. Bagi saya, alat ini menjadi tambahan yang sangat berharga dalam peralatan latihan di rumah, membuka peluang untuk melibatkan lebih banyak otot dan mencapai hasil maksimal.

Penutup Alat Gym Rumahan

Melalui blog ikhtiar.net ini, saya ingin menyampaikan bahwa kesehatan adalah kekayaan yang tak ternilai. Meskipun tidak selalu memiliki peralatan canggih atau member di gym mewah, ikhtiar kesehatan dapat dimulai dari hal-hal sederhana di sekitar kita. Mungkin hanya dengan sejumput alat latihan bekas atau peralatan seadanya, kita bisa membentuk pola hidup sehat tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah.

Mari bersama-sama ikhtiarkan kesehatan kita, tidak peduli seberapa sederhana alat yang kita miliki. Karena setiap langkah kecil menuju kesehatan membawa dampak besar dalam perjalanan panjang kita. Jadilah inspirasi untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Teruslah menjaga tubuh, pikiran, dan jiwa agar tetap seimbang.

Selamat ikhtiar untuk hidup yang lebih sehat dan bugar!
Salam,

Dedi Purnomo
Founder Ikhtiar.NET

Tags: , , , , , ,

Bagikan ke

Alat Gym Rumahan: Pengalaman dan Alat Latihan Dedi Purnomo

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alat Gym Rumahan: Pengalaman dan Alat Latihan Dedi Purnomo

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: