Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Siti
● online
Siti
● online
Halo, perkenalkan saya Siti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Beranda » Blog » 4 Manfaat Latihan Beban Secara Ilmiah

4 Manfaat Latihan Beban Secara Ilmiah

Diposting pada 6 Juni 2024 oleh Admin / Dilihat: 110 kali / Kategori:

Hai! Ada empat hal yang mungkin belum Anda ketahui mengenai manfaat dari latihan beban. Berikut penjelasannya:

1. Latihan Beban Menimbulkan Hutang Oksigen

Saat kita melakukan latihan beban, tubuh kita menimbulkan “hutang oksigen” yang harus dibayar setelah sesi berakhir. Hutang oksigen ini artinya tubuh kita akan mengkonsumsi lebih banyak oksigen saat istirahat. Proses ini dikenal sebagai Excess Post-Exercise Oxygen Consumption (EPOC). Dengan meningkatnya konsumsi oksigen, tubuh kita membakar lebih banyak kalori dan lemak bahkan setelah latihan selesai. Jadi, latihan beban tidak hanya efektif saat kita melakukannya, tetapi juga membantu membakar lemak saat kita beristirahat.

2. Latihan Beban Meningkatkan Respon Hormonal

Latihan beban juga menimbulkan respon hormonal yang positif. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa latihan beban dapat meningkatkan hormon-hormon yang berperan dalam menjaga tubuh tetap muda, seperti Growth Hormone (GH) dan testosteron. Kedua hormon ini berperan penting dalam regenerasi sel, pertumbuhan otot, dan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, latihan beban adalah salah satu cara alami untuk memperlambat proses penuaan dan menjaga vitalitas tubuh.

3. Latihan Beban Meningkatkan Metabolisme

Latihan beban meningkatkan metabolisme dengan dua cara utama: pertumbuhan otot dan peningkatan jumlah mitokondria. Mitokondria adalah “dapur” sel yang bertugas mengolah karbohidrat dan lemak menjadi energi. Semakin banyak dan sehat mitokondria dalam tubuh kita, semakin efisien tubuh membakar kalori. Selain itu, peningkatan massa otot juga mempercepat metabolisme karena otot membutuhkan lebih banyak energi untuk pemeliharaannya dibandingkan jaringan lemak. Dengan kata lain, semakin banyak otot yang kita miliki, semakin tinggi metabolisme kita, bahkan saat istirahat.

4. Latihan Beban Memperkuat Jantung dan Paru-paru

Latihan beban juga berfungsi sebagai bentuk interval training yang sangat efektif untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Saat kita melakukan satu set latihan beban, detak jantung kita meningkat. Kemudian, saat kita beristirahat antar set, detak jantung kita turun kembali. Fluktuasi detak jantung ini, yang berulang-ulang terjadi selama sesi latihan, mirip dengan latihan interval. Latihan interval telah terbukti secara ilmiah memperkuat jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Jadi, dengan melakukan latihan beban, kita tidak hanya membangun massa otot, tetapi juga meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Weightlifting is better for the heart than cardio

Kesimpulan

Latihan beban memberikan banyak manfaat ilmiah yang mungkin belum banyak diketahui. Dari meningkatkan konsumsi oksigen pasca-latihan, menimbulkan respon hormonal positif, mempercepat metabolisme, hingga memperkuat jantung dan paru-paru, latihan beban adalah salah satu bentuk latihan yang paling efektif dan bermanfaat. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan latihan beban dalam rutinitas Anda dan nikmati semua manfaatnya. Selamat mencoba!

4 Manfaat Latihan Beban Secara Ilmiah

Dedi Purnomo sebelum dan sesudah merutinkan latihan beban.

Jika ingin mendapatkan penjelasan hal-hal di atas secara lebih detail, silahkan coaching online dengan Dedi Purnomo. DM melalui instagram: latihanbeban.

Semoga sehat selalu.

Tags: , , ,

Bagikan ke

4 Manfaat Latihan Beban Secara Ilmiah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

4 Manfaat Latihan Beban Secara Ilmiah

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: