Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Siti
● online
Siti
● online
Halo, perkenalkan saya Siti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Beranda » Blog » Cara Mengajak Orang Tua Olahraga

Cara Mengajak Orang Tua Olahraga

Diposting pada 7 Juni 2024 oleh Admin / Dilihat: 28 kali / Kategori:

Mengajak orang tua untuk berolahraga, terutama setelah mereka mengalami masalah kesehatan seperti stroke, memerlukan pendekatan yang penuh kasih dan motivasi. Pengalaman pribadi saya dengan ibu yang pernah mengalami stroke memberikan beberapa pelajaran berharga. Bagian tubuh sebelah kirinya belum sekuat yang kanan, tetapi Alhamdulillah, sekarang sudah jauh lebih baik.

Cara Mengajak Orang Tua Olahraga

Berikut adalah cara-cara efektif untuk mengajak orang tua berolahraga:

1. Motivasi Berdasarkan Keinginan Pribadi

Motivasi adalah kunci utama. Pahami apa yang menjadi keinginan dan tujuan pribadi mereka. Misalnya, ibu saya sangat ingin melakukan umroh. Jadi, saya mengajak beliau berolahraga dengan mengatakan, “Yuk bu, latihan biar nanti kita kuat umroh bersama-sama.” Mengaitkan olahraga dengan tujuan yang diidamkan akan membuat mereka lebih termotivasi.

2. Yakinkan dengan Pendapat dan Saran Para Ahli

Seringkali, orang tua merasa khawatir tentang keamanan olahraga. Yakinkan mereka dengan menunjukkan pendapat dan saran dari para ahli. Jelaskan bahwa semakin tua, semakin penting untuk melakukan latihan beban yang tepat dan terukur. Ini tidak hanya aman tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mereka.

3. Tunjukkan Video Lansia yang Latihan Beban

Agar orang tua tidak merasa sendirian dalam perjalanan ini, tunjukkan video-video orang lanjut usia yang melakukan latihan beban. Melihat orang lain dalam usia yang sama berolahraga dapat memberikan dorongan dan semangat. Mereka akan merasa bahwa mereka tidak sendiri dan bahwa latihan beban adalah hal yang umum dilakukan oleh lansia lainnya.

4. Perkuat Motivasi dengan Tujuan Lebih Besar

Motivasi juga dapat diperkuat dengan menjelaskan bahwa olahraga bukan hanya untuk diri mereka sendiri tetapi juga untuk memberikan contoh yang baik bagi anak cucu. Katakan bahwa dengan berolahraga, mereka bisa memotivasi keluarga untuk menjalani pola hidup sehat. Ini akan membuat mereka merasa lebih bertanggung jawab dan terinspirasi untuk terus berolahraga.

5. Jangan Lupa Berdoa

Selain usaha, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT memohon kemudahan dan kesehatan bagi orang tua kita. Doa merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam setiap langkah kita.

Mengedukasi dengan Cinta

Jangan pernah mengajak mereka berolahraga tanpa mengedukasi terlebih dahulu. Edukasi yang baik akan mencegah mereka merasa terpaksa atau tertekan. Jelaskan dengan sabar tentang manfaat dan pentingnya olahraga untuk kesehatan mereka.

Mengungkapkan Cinta dengan Tepat

Perbaiki cara kita mengungkapkan cinta. Ada perbedaan antara mencintai dan mengungkapkan cinta. Banyak orang mencintai tetapi yang dicintai tidak merasakannya, karena cara pengungkapan yang kurang tepat. Ungkapkan cinta dengan tindakan nyata dan kata-kata yang mendukung, sehingga orang tua kita merasa dihargai dan disayangi.

Percakapan Dedi Purnomo dan Ibu

Dedi Purnomo memberikan pemahaman kepada ibunya yang terkena stroke agar semangat olahraga

“Bu, rasanya aku pengen deh cepet jadi tua..”, bisik saya kepada ibu

“Kenapa?”, tanya ibu penasaran

“Iya, karena kalau udah tua dan tetep sehat, aku bisa bikin anak-anak muda yang ngga jaga kesehatannya jadi malu. Dengan begitu semoga mereka bisa lebih menjaga kesehatannya”, saya menjelaskan dengan lirih

Ibu hanya tersenyum..

“Bu, ibu mau ngga orang-orang yang ibu cintai juga menjaga kesehatan mereka?”, tanya saya lagi..

“Mau..”, ibu menjawab pelan..

“Yuk bu, mumpung selama ini ibu udah rajin olahraga, ibu semangat sehat ya bu.. Biar nanti ibu bisa menularkan semangat sehat itu kepada orang-orang yang ibu cintai. Kalau aku yang bilang ke mereka, pasti mereka ngga dengerin. Tapi kalau ibu yang umurnya udah banyak ini yang bilang, insyaAllah mereka bakal dengerin itu.”

Saya bersyukur beberapa bulan sebelum ibu jatuh sakit, saya dimampukan oleh Allah untuk menjalankan pola hidup sehat. Bayangkan kalau saya dalam kondisi tidak sehat seperti ketika saya terkena asam urat, tentu sulit bagi saya untuk menyemangati ibu.

Video: Dedi dan Ibunya Berolahraga (Instagram)

Kesimpulan

Mengajak orang tua untuk berolahraga membutuhkan pendekatan yang penuh kasih dan motivasi. Dengan memahami keinginan mereka, memberikan informasi yang benar, menunjukkan contoh nyata, dan mengedukasi dengan cara yang baik, kita bisa membantu mereka hidup lebih sehat dan bahagia. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu Anda mengajak orang tua berolahraga dengan lebih efektif. Barakallahu fiikum.

Bagikan ke

Cara Mengajak Orang Tua Olahraga

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Mengajak Orang Tua Olahraga

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: