Beranda » Blog » Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

Diposting pada 28 Juli 2022 oleh Admin / Dilihat: 496 kali / Kategori:

Cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu ini adalah pertanyaan dari teman. Tentunya kita ingin menaikkan berat badan tapi dengan tetap memperhatikan komposisi tubuh yang seimbang. Karena keseimbangan komposisi tubuh inilah yang akhirnya akan meningkatkan kualitas kesehatan. Tentu kita tidak mau naik berat badan tapi menjadi tidak sehat kan?

Oleh karena itu saran saya adalah tidak melakukan perubahan secara ekstream. Lakukan secara alami dan terukur. Sehingga kita mendapatkan berat badan ideal tapi tetap sehat. Nah, cara menambah berat badan tapi tetap sehat adalah sebagai berikut.

Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

1. Konsumsi karbo berserat

Jenis karbo berserat ini di antaranya adalah ubi, singkong, nasi merah, whole wheat, pasta, dan juga sayur-sayuran. Kita bisa memilih dari jenis-jenis karbohidrat tersebut.

2. Konsumsi protein

Salah satu sumber protein yang paling cocok untuk orang yang ingin menaikkan berat badan adalah red meat (daging merah). Bisa dari daging sapi atau daging kambing. Usahakan setiap makan adalah 30gr setiap makan. Protein ini bisa juga diambil dari telur, baik itu kuning maupun putihnya.

3. Konsumsi lemak

Jika ingin menambah berat badan, maka tidak boleh takut dengan lemak. Tapi tentunya lemaknya harus dari yang alami. Ini bisa didapat ketika kita mengkonsumsikan daging merah dan juga telur.

4. Kurangi olahraga kardio

Coba perhatikan orang-orang yang doyan olahraga lari, sepeda. Badan mereka rata-rata kurus. Maka sebaiknya ini dikurangi terlebih dahulu.

5. Tambah latihan beban

Latihan beban adalah pilihan yang tepat jika ingin menambah berat badan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah:

  • Memprioritaskan otot punggung dan kaki. Karena kedua otot ini adalah otot yang paling besar dalam tubuh kita.
  • Lakukan jenis gerakan compound movement (melibatkan lebih dari satu persendian/otot).
  • Lakukan pendekatan heavy duty, yaitu melakukan gerakan pada kisaran 6-12 repetisi. Hal ini hubungannya pada peningkatan masa otot.

Catatan pentingnya adalah bukan berapa berat, berapa kali, berapa lama kita mengangkat beban, tapi berapa besar stres yang diterima oleh otot yang kita targetkan. Dengan otot yang semakin terlatih maka berat badan akan semakin naik.

Lihat instagram.com/LatihanBeban

6. Istirahat (recovery)

Cara tidur yang paling gampang adalah dengan fokus mengatur pernafasan. Lakukan buang nafas lebih lama daripada menariknya. Misal menariknya adalah 3 detik, maka buang nafasnya 4 detik. Pada saat itulah kita akan mengaktifasi relax respon atau yang dikenal dengan parasympathetic nervous system.

7. Mind set

Dengan berat naik memungkinkan kita untuk latihan beban lebih banyak. Pada saat itulah otot kita akan lebih tinggi. Dengan otot yang tinggi maka lemak menjadi lebih rendah. Ketika itulah secara metabolisme badan kita semakin fleksibel.

Fleksible di sini artinya kita bisa memilih antara puasa (menggunakan lemak sebagai sumber tenanga), kalau tidak tidak mau puasa sehingga menggunakan karbo sumber tenaga pun bisa. Inilah kesehatan. Dimana kita mempunyai metabolisme yang fleksibel, bukan kebalikannya.

Begitulah cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu. Semoga ada manfaatnya. Diringkas dari video: “SOLUSI MENAIKAN BERAT BADAN! BULKING UP” Dunia Ade Rai 19 Feb 2022.

Salam,
Dedi Purnomo
instagram.com/latihanbeban

Tags: , ,

Bagikan ke

Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: