Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Siti
● online
Siti
● online
Halo, perkenalkan saya Siti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Kontak Kami
Member Area
Beranda » Blog » Ide Usaha yang Menjanjikan di Desa

Ide Usaha yang Menjanjikan di Desa

Diposting pada 16 November 2023 oleh Admin / Dilihat: 65 kali / Kategori:

Berikut ini ide usaha yang menjanjikan di desa versi ikhtiar.net. Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Ciri Usaha yang menjanjikan di desa. Nah, di artikel kali ini, saya menampilkan contoh nyata dari ciri-ciri usaha tersebut.

10 ide usaha yang menjanjikan di desa dengan modal kecil

  1. Warung Kelontong: Buka warung kelontong dengan menyediakan kebutuhan sehari-hari. Fokus pada produk-produk lokal dan kerajinan tangan desa untuk menarik pelanggan.
  2. Jasa Servis Sepeda Motor: Buka bengkel kecil untuk menyediakan jasa perbaikan sepeda motor. Layanan sederhana seperti perbaikan ban, ganti oli, dan perawatan ringan dapat menjadi peluang yang baik.
  3. Penyewaan Alat Pertanian: Jika kamu berada di daerah pertanian, pertimbangkan untuk menyediakan layanan penyewaan alat pertanian seperti traktor, mesin penyiram, atau alat-alat kecil lainnya.
  4. Katering Rumahan: Jika kamu memiliki keterampilan memasak, pertimbangkan untuk membuka usaha katering rumahan. Tawarkan menu masakan lokal atau kue-kue khas desa.
  5. Jasa Pengecatan: Tawarkan jasa pengecatan rumah atau pagar. Ini adalah usaha yang membutuhkan modal relatif kecil untuk membeli cat dan peralatan pengecatan.
  6. Jasa Pemotretan Lokal: Jika kamu memiliki keterampilan fotografi, tawarkan jasa pemotretan untuk acara-acara lokal, potret keluarga, atau bahkan pemotretan produk untuk bisnis lokal.
  7. Pengolahan Limbah Organik: Buka usaha pengolahan limbah organik, seperti pembuatan pupuk kompos dari sampah dapur dan limbah pertanian.
  8. Penyewaan Alat Camping: Jika desa kamu memiliki tempat wisata alam, pertimbangkan untuk menyediakan layanan penyewaan alat camping seperti tenda, sleeping bag, dan peralatan camping lainnya.
  9. Jasa Desain Grafis Lokal: Tawarkan jasa desain grafis untuk membantu bisnis lokal mendapatkan materi pemasaran yang berkualitas. Ini bisa melibatkan pembuatan brosur, spanduk, atau logo.
  10. Jasa Pemandu Wisata Lokal: Jika desa kamu memiliki potensi pariwisata, pertimbangkan untuk menjadi pemandu wisata lokal. kamu dapat memberikan tur ke tempat-tempat menarik di sekitar desa dan membagikan cerita lokal.

Pastikan untuk melakukan riset pasar lokal dan berbicara dengan komunitas setempat untuk memahami kebutuhan dan peluang yang mungkin muncul. Dengan modal yang terjangkau, usaha-usaha ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk pengembangan ekonomi di desa.

10 usaha yang menjanjikan di desa dengan fokus utama pada sektor pertanian

  1. Agrowisata: Buka tempat agrowisata di mana pengunjung dapat belajar tentang pertanian, berpartisipasi dalam kegiatan pertanian, dan membeli produk hasil pertanian langsung dari tempat.
  2. Pengolahan Produk Pertanian: Fokus pada pengolahan produk pertanian, seperti pembuatan produk makanan olahan, minuman, atau produk-produk lain yang dapat dijual secara lokal atau online.
  3. Pendidikan Pertanian: Buka pusat pelatihan atau kursus pertanian untuk membantu petani lokal meningkatkan keterampilan mereka dalam pengelolaan pertanian modern, teknik pertanian organik, atau pemilihan varietas tanaman yang lebih baik.
  4. Perikanan dan Budidaya Ikan: Jika terdapat sumber air di sekitar desa, pertimbangkan untuk memulai usaha perikanan atau budidaya ikan. Ini dapat mencakup pembuatan kolam ikan, pengelolaan dan penjualan ikan, serta pendampingan teknis kepada petani ikan setempat.
  5. Pertanian Organik: Fokus pada pertanian organik dengan menanam sayuran, buah-buahan, atau tanaman obat-obatan organik. Pasar untuk produk organik terus berkembang, dan ini dapat menjadi peluang yang baik.
  6. Peternakan dan Peternakan Ayam: Pertimbangkan untuk membuka peternakan unggas, seperti peternakan ayam atau peternakan bebek. Produk-produk ini memiliki permintaan yang stabil.
  7. Pengembangan Varietas Tanaman Lokal: Bekerjasama dengan lembaga penelitian pertanian atau perguruan tinggi untuk mengembangkan varietas tanaman lokal yang lebih tahan terhadap kondisi iklim setempat.
  8. Pengolahan Limbah Pertanian: Cari cara untuk memanfaatkan limbah pertanian, seperti jerami atau sisa tanaman, untuk membuat produk bernilai tambah seperti pupuk organik, bahan bakar biomassa, atau bahan bangunan ramah lingkungan.
  9. Jasa Konsultasi Pertanian: Tawarkan jasa konsultasi pertanian kepada petani setempat, membantu mereka dalam perencanaan usaha pertanian, manajemen tanaman, dan penggunaan teknologi pertanian modern.
  10. Penyuluhan Pertanian: Bentuk tim penyuluhan pertanian untuk memberikan informasi kepada petani seputar teknik pertanian terbaru, perubahan iklim, dan praktik-praktik pertanian berkelanjutan.

Dengan memanfaatkan potensi pertanian lokal, usaha-usaha ini tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan petani tetapi juga mendukung perkembangan ekonomi desa secara keseluruhan.

Manfaatkan internet

Memanfaatkan internet sebagai bagian dari strategi bisnis dapat memberikan keuntungan besar, terutama dalam era serba online seperti sekarang. Berikut adalah beberapa cara kamu dapat menggabungkan kegiatan online dengan usaha reseller baju gamis anak:

  1. Platform Media Sosial: Manfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Pinterest untuk mempromosikan produk kamu. Buat konten kreatif, seperti foto dan video produk, serta konten terkait seperti tips berbusana anak atau inspirasi gaya.
    Contoh: intagram.com/latihanbeban Siapa sangka yang awalnya hanya iseng-iseng, ternyata bisa menjadi sumber penghasilan.
  2. Blogging atau Pembuatan Konten: Mulailah blog atau situs web untuk berbagi informasi seputar dunia anak dan fashion anak, termasuk gamis anak. Ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan mengakui keberadaan merek kamu.
    Contoh: Ikhtiar.NET
  3. YouTube: Jika kamu nyaman di depan kamera, pertimbangkan untuk membuat konten video di YouTube. kamu dapat memberikan ulasan produk, tutorial berbusana anak, atau sekadar berbagi pengalaman tentang menjadi reseller.
  4. Kolaborasi dengan Konten Kreator Lain: Jalin kerjasama dengan konten kreator lain yang memiliki audiens yang relevan. Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan visibilitas merek kamu.
  5. Pemasaran Influencer: Gunakan influencer untuk mempromosikan produk kamu. Pilih influencer yang memiliki audiens sesuai dengan produk yang kamu jual.
  6. Penjualan Melalui Marketplace Online: Daftarkan produk kamu di marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak untuk meningkatkan jangkauan pelanggan dan memanfaatkan infrastruktur e-commerce yang sudah ada.
  7. Email Marketing: Kumpulkan alamat email pelanggan untuk memberikan pembaruan produk, diskon, atau informasi menarik lainnya. Email marketing dapat membantu kamu tetap berhubungan dengan pelanggan kamu.
  8. Penerapan SEO: Optimalkan situs web atau platform penjualan kamu agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Ini dapat meningkatkan visibilitas online dan membawa lebih banyak pelanggan potensial.
    Contoh: Kisah mendapatkan LM dengan SEO
  9. Partisipasi dalam Komunitas Online: Bergabunglah dengan forum atau grup komunitas online yang berkaitan dengan fashion anak-anak. Berpartisipasi aktif dapat membantu membangun hubungan dan mendapatkan saran dari sesama pebisnis.
  10. Analisis Data Online: Gunakan alat analisis online untuk melacak kinerja penjualan, perilaku pelanggan, dan tren pasar. Informasi ini dapat membantu kamu mengambil keputusan yang lebih baik untuk pengembangan bisnis kamu.

Dengan menggabungkan kegiatan online, kamu dapat memperluas jangkauan usaha kamu dan menarik pelanggan baru. Pastikan untuk selalu memonitor tren pasar dan beradaptasi dengan perubahan dalam perilaku konsumen.

Kita boleh hidup di desa, namun ide dan pemikiran biarlah menjelajah dunia tak terhalang samudera.
Dedi Purnomo – Founder Ikhtiar.NET

Tags: ,

Bagikan ke

Ide Usaha yang Menjanjikan di Desa

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Ide Usaha yang Menjanjikan di Desa

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: